was successfully added to your cart.

Dari lengkungan warna emas pada logo McDonald hingga coretan khas logo Nike, logo merupakan bagian integral dari sebuah identitas merek perusahaan.

Mari kita lihat bagaimana kita mengidentifikasi perusahaan lewat sebuah Logo. Logo bahkan bisa menjadi ikon budaya, seperti pernyataan desainer populer Milton Glaser dengan “I Love NY”  atau  seperti tas Louis Vuitton.

LOGO-AS-IDENTITY-Review-Milton-Glaser

Milton Glaser interview

LI-Milton-Glaser-Love-New-York-Logo

Sebuah logo adalah ekspresi penting dari merek produk atau layanan Anda dan bagaimana cara Anda untuk menginginkan konsumen merasakan hal yang ekspresif dari identitas tersebut, hal ini berdampak pada bottom line perusahaan Anda.

 

Dasar Branding

Dalam persaingan di sebuah pasar, peran identitas merek Anda bisa menjadi pembeda utama untuk menarik minat pelanggan dan meningkatkan pendapatan produk atau layanan yang anda berikan. Coba pikirkan bagaimana persaingan pangsa pasar antara Coke dan Pepsi, Apple dan Microsoft. Setiap perusahaan memiliki kepribadian dan karakter yang sangat berbeda dan memberikan janji atas produk atau layanan yang ditawarkan dan apa yang Anda harapkan dari mereka (produk dan layanan itu).

LI-Logo-Definition





Ada banyak faktor yang berkontribusi dalam memproses sebuah merek yang kuat. Misalnya, dengan menjaga pesan yang konsisten dan tidak menyimpang dari tujuan semula dan akan memperkuat pencitraan merek Anda kepada konsumen juga mengembangkan kepercayaan akan konsumen. Konsumen tahu apa yang sedang Anda perjuangkan dan bisa merasakan dengan baik bahwa mereka telah membuat pilihan yang tepat untuk kebutuhan mereka. Sebuah konsistensi merek perlu beradaptasi dengan waktu dan mengubah dirinya untuk tetap relevan. Sebuah merek dapat dan harus berkembang, tetapi harus tetap setia pada visi awal yang dicetuskan sang founder. Ketika sebuah merek bergerak menyimpang, mereka bisa saja mengalami kesulitan dalam membangun pencitraan merek,  kehilangan pelanggan dan penjualan.

 

Menghindari kesalahan identitas

Logo Anda memainkan peran kunci dalam visual dan konsisten mewakili merek Anda. Nama perusahaan Anda, warna, dan font juga merupakan hal yang penting. Unsur-unsur ini datang dan terintegrasi pada kartu nama Anda, kemasan, website, hingga penempatan lainnya untuk berkomunikasi. Misalnya, apel pada logo Apple mencerminkan bagaimana mereka ingin Anda untuk berpikir dari mereka dan langsung menyulap respons emosional. Sebuah apel berwarna perak dengan atribut keren dan modern penting bagi perusahaan teknologi. Meskipun dahulu logo Apple sering muncul dalam pelangi warna, hitam, silver, atau putih, Anda akan tahu apa itu dan siapa itu. Kedua Apple memiliki logo khas dan mudah diidentifikasi yang membantu membentuk identitas merek yang kuat.

LI-Logo-Design-Inspiration

Image courtesy Downgraf

Apa yang Membuat Logo Bagus?

Dalam buku Logo Desain Love, karya desainer grafis David Airey bagaimana cara untuk mengeksplorasi karakteristik logo yang efektif. Desain yang paling sukses berdiri dari waktu ke waktu dan bahkan dapat menjadi ikon budaya.

 

Menurut Airey, sebuah logo yang baik adalah:

  1. Sederhana dan mudah untuk dikenali

  2. Relevan dengan bisnis Anda dan apa yang Anda akan lakukan

  3. Abadi dan tidak akan keluar dari tren dengan cepat

  4. Unik dan membedakan merek Anda dari persaingan kompetisi antar merek

  5. Mudah diingat dengan sekilas

  6. Fleksibel untuk bekerja di media apapun dan ukuran yang berbeda

 

Jenis Logos

Desain logo jatuh ke dalam enam tipe dasar. Alina Wheeler menguraikan dalam bukunya berjudul Designing Brand Identity:

LI-Coca-Cola-Campaign-For-Measure-Brand

Photo Courtesy Coca Cola Campaign

1. Wordmark: Jenis Typografi font

Contoh: Google, Virgin, Coca-Cola

 

2. Lettermark: Satu atau lebih huruf dari kesatuan susunan nama sebuah merek

Contoh: HP, Facebook

 

3. Emblem: Nama perusahaan dan bentuk atau gambar

Contoh: Audi, Southwest, Puma

 

LI-Paper-Cup-Starbucks-Logo

Image Courtesy Starbucks

4. Pictorial mark: Sebuah simbol atau ikon

Contoh: Firefox, Shell, Starbucks

 

5. Tanda simbolik: Sebuah bentuk abstrak atau simbol

Contoh: Nike, Mercedes-Benz, Toyota

 

6. Karakter: Orang atau hewan

Contoh: Kentucky Fried Chicken, Michelin

 

LI-Nike-Logo-Campaign

Memilih Logo Tepat

Sebuah perusahaan dapat menghabiskan banyak uang untuk membangun sebuah pencitraan merek untuk memastikan mereka memproyeksikan citra yang tepat terhadap mereknya. Apakah Anda tahu bahwa Toyota menghabiskan lima tahun mengembangkan abstrak logo berbentuk oval mereka?

 

Menyewa Designer

Karena logo Anda adalah bagian penting dari bisnis Anda, pasti Anda ingin bekerja atau menyewa tim desainer logo profesional yang memiliki pengalaman branding. Sebelum Anda melibatkan desainer, pikirlah tentang perusahaan Anda dan jenis pelanggan Anda. Pertimbangkan atribut atau kepribadian perusahaan Anda. Apakah Anda ingin dilihat sebagai perusahaan yang inovatif, dapat dipercaya, ramah, atau pintar, atau kombinasi dari semua ini? Lakukan penelitian ke perusahaan lain yang sejenis dalam industri Anda dan lihat jenis logo apa yang Anda suka pada umumnya. Atau Hubungi kami bila anda membutuhkan bantuan.

Editorial Benang Merah Komunikasi

Author Editorial Benang Merah Komunikasi

“Benang Merah Komunikasi Indonesia seeks to become a global leader in digital media solutions and digital marketing in the era of AEC ( ASEAN Economic Community ) in 2017 and it has been started since early 2015, especially in Indonesia. We hope that we can give our customers something to create breakthrough digital content, spread in the media and services, measure and optimize from time to time, and achieve greater business success. We help our customers create, manage, promote and monetize their content in each channel and display. We are passionate creative entrepreneurs and strategists working with forward-thinking brands, institutions, and agencies.”

More posts by Editorial Benang Merah Komunikasi

© 2004-2017 Copyright Benang Merah Komunikasi Indonesia. Registered Trademarks.

Made with in Indonesia