was successfully added to your cart.

Prolog; Menjadi Silver Bullet untuk Merek Anda

Strategi samudra biru (Blue Ocean Strategi). Bertindak sebagai penggerak pertama, game changer, innovator, disruptor. Setiap perusahaan menginginkannya – Untuk menjadi yang terbaik, merevolusi industri. Tidak ada yang bisa tersentuh. Ini adalah cara agar produk atau layanan menjadi sangat baik di minati di lingkup pasar itu sendiri. Sebuah ambisi yang indah dan begitu tinggi. Tapi ada sesuatu yang mereka memiliki selain kesamaan ide besar untuk memulai semuanya. Langkah dalam mengabadikan diri dari pertumbuhan dan stabilitas keuangan. Laksana bagai baju besi yang tak tertembus terhadap kekuatan eksternal yang berbahaya, dan tentara pemasar yang bekerja di paruh waktu.

Ocehan penggemar, pendukung, hingga duta sebuah merek – tidak peduli apa yang Anda panggil sebutan mereka. Merek adalah hal yang paling berharga di dunia dalam memahami pelanggan yang paling setia. Pelanggan setia lebih cenderung untuk bertahan meskipun terjadi kenaikan harga, cacat produk sekali pun. Mereka akan aktif untuk merujuk dan mempromosikan merek Anda di depan umum pada teman-teman mereka, keluarga dan orang asing melalui mulut ke mulut dan media sosial. Bahkan mereka akan kebal terhadap kritik dan penentang – tanpa Anda pernah harus bertanya dan menjelaskan.

Beberapa merek fantastis telah perlahan-lahan membudidayakan mesin loyalitas mereka selama 30 tahun terakhir untuk menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan, sementara merek yang lain hanya berada di bisnis selama 5 tahun dan sudah membuat gelombang besar. Mereka telah berhasil untuk menyenangkan dan melibatkan orang-orang di seluruh dunia terhadap pencitraan merek mereka.

SB-Uber-Taxi-Measure-Brand

Picture Courtesy Taken from onwardstate.com in their article by David Abruzzese

Uber Didirikan: 2009

Selama satu tahun, Uber tumbuh enam kali lipat dari ukurannya. Pada akhir 2014, omzet Uber senilai $ 40 milyar, jauh melebihi valuasi Tesla dari $ 28.600.000.000. Perusahaan ini beroperasi di 300 kota di 50 negara, menghasilkan lebih dari 1 juta pekerjaan di seluruh dunia tahun ini – mereka baru-baru ini mengumpulkan $ 1,2 miliar pada putaran pembiayaan untuk meningkatkan ekspansi internasional. Jadi mengapa jumlah pengguna Uber tumbuh pada tingkat yang eksponensial? Hanya meminta siapa saja yang menggunakan layanan tersebut – tapi pastikan Anda punya beberapa waktu disisihkan, karena mereka cenderung akan bicara pada telinga Anda, memaksa Anda untuk men-download aplikasi, dan memberikan tur semua fitur-fiturnya sebelum mereka membiarkan Anda pergi.

 

PEMECAHAN MASALAH NYATA dan mendefinisikan ulang untuk KATEGORI LAYANAN PUBLIK

Kota, teknologi Uber dan inovasi menantang status quo dalam bidang transportasi. Kami menawarkan alternatif nyata ke dunia seperti tempat parkir dan bergerak bebas dalam kemacetan lalu lintas – sebuah modus operandi baru di kategori transportasi dilengkapi sistem yang kita miliki saat sekarang. – Travis Kalanick, Pendiri dan CEO, Uber Technologies, Inc. Uber memberikan solusi untuk masalah yang berdampak pada jutaan orang – mereka telah memonopoli transportasi taksi di kota-kota besar dengan saat ini dikenal dengan layanan yang buruk dengan menciptakan kembali pengalaman baru secara keseluruhan.

Setelah Anda men-download aplikasi Uber, memasuki metode pembayaran dan mengatur lokasi Anda, dengan hanya satu tekan untuk meminta tumpangan. Anda bisa mendapatkan informasi, melacak pada peta interaktif via GPS, melihat profil driver dan menghubungi dia jika perlu. Ketika perjalanan Anda tiba, anda dijemput dengan mobil yang mewah, suhu interior yang nyaman dan sebotol air minum gratis. Setelah selesai tidak ada masalah dan benar benar mudah – pemotongan saldo Anda dibebankan secara otomatis dan Anda dapat memberikan rate kinerja pengemudi jika Anda inginkan.

“Produk ini sangat baik, tidak menghabiskan ratusan ribu dolar pada pemasaran dan promosinya.”

Kontras dengan menggunakan Uber, pengalaman menggunakan  taksi tradisional menjadi begitu dramatis, itu benar menciptakan pengalaman ‘wow‘ untuk pelanggan – rasa pengalaman yang begitu kuat sehingga mereka tidak bisa membayangkan akan kembali menggunakan perusahaan taksi tradisional, dan mereka tidak bisa tidak berbagi cinta dan cerita. Pengguna pertama kali yang segera diubah menjadi recruitor / sales marketing. Cara dalam pemasaran mulut dan frenzy dihasilkan secara organik yang menyebabkan salah satu investor Uber, Bill Gurley, berkomentar, “Produk ini sangat baik, tidak menghabiskan ratusan ribu dolar pada pemasaran dan promosinya.” Uber-benar didefinisikan ulang dalam menggunakan layanan mobil jangka pendek.

 

Catatan Redaksi Editorial Benang Merah Komunikasi; Coba analisa apakah proses kerja Go-Jek di Indonesia hampir mirip dengan Uber. Tentu saja demografis Indonesia memungkinkan untuk mengarap lahan kendaraan roda dua dibanding dengan roda empat. Uber sempat masuk dan mengarap lahan Indonesia, namun kandas karena tidak sesuai dengan demografis dan client mix pola Indonesia. Dalam Blue Ocean Strategy, tentu saja perangkat maupun elemen mendasar seperti marketing mix, client mix harus di kaji dalam menentukan suatu strategi bisnis baru.

 





Red Bull Didirikan: 1987

Pada tahun 2014, Brand Red Bull terjual lebih dari 5,6 miliar kaleng minuman energi saja (meningkat 4,2% dari tahun 2013) dan mempekerjakan 10.410 orang di 167 negara di mana produk tersebut dijual. Omzet Perusahaan lebih dari $ 6 miliar dalam penjualan tahunannya, dan memiliki lebih dari 4,2 juta pelanggan YouTube, dan 43+ juta fans Facebook, membuatnya menjadi salah satu merek yang paling populer di situs jejaring sosial terbesar di dunia. Perusahaan masih menikmati paling penjualan di pasar yang timur (Turki, India) serta Afrika Selatan, namun itu adalah merek yang telah dibangun di seluruh dunia. Bagaimana mungkin minuman berkafein telah menimbulkan begitu banyak gila merek cinta?

 

MOVER PERTAMA

Terinspirasi oleh minuman dari Timur, miliarder Austria Dietrich Mateschitz menciptakan formula Red Bull Energy Drink yang pertama kali dijual di pasar, dan efektif melahirkan kategori produk yang sama sekali baru. Rockstar, dan banyak merek sejenis lainnya yang telah memasuki perlombaan kategori minuman energi, tetapi sebagai yang pertama untuk sudut pasar, Red Bull terus mendominasi sebagai pemimpin minuman energi.

Anda pasti pernah melihat minuman Red Bull dan Krating Daeng yang penampilannya hampir sama namun keduanya sebenarnya berbeda. Hanya saja Red Bull termotivasi oleh Krating Daeng. Dan salah satu pendiri Red Bull juga orang yang sama dengan pendiri Krating Daeng. Di dalam minuman Red Bull terdapat karbonasi. Kami akan membahas tentang Fakta mengenai minuman berenergi Red Bull. (tambahan Redaksi)

1. Red Bull adalah perusahaan minuman berenergi berasal dari negeri Austria.

2. Didirikan oleh Dietrich Mateschitz dan Chaleo Yoovidya.

3. Chaleo Yoovidya adalah pemilik perusahaan minuman Krating Daeng asal Thailand.

4. Ide pembuatan Red Bull diawali saat Dietrich Mateschitz tengah berada di Thailand dan meminum Krating Daeng untuk menyembuhkan rasa mabuknya setelah menaiki pesawat.

5. Dietrich Mateschitz dan Chaleo Yoovidya akhirnya bertemu untuk bekerjasama mendirikan Red Bull.

 

Sebuah PEMASARAN KONSEP UNIK (BESAR)

Banyak ahli industri akan memberitahu Anda bahwa keberhasilan nyata dari merek Red Bull dibangun pada tingkat jenius, pemasaran konsumen-sentris. Red Bull tidak hanya produk, itu telah datang untuk mewakili gaya hidup yang beresonansi liar dengan sasaran pelanggan mereka – sisi yang lebih muda yang aktif, demografis petualang 18-34.

Mateschitz sebenarnya diluncurkan Red Bull Media House sebagai perusahaan media anak pada tahun 2007, yang kini memiliki kantor di Austria dan Los Angeles. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam konten, video, hingga olahraga ekstrim. Mereka memiliki daftar nama “Red Bull Atlet” dan konten acara ekstrim-olahraga mereka mensponsori seluruh dunia, memicu generasi konstan yang menakjubkan. Mateschitz mengatakan ia percaya “bahwa merek harus mengambil frase ‘bertindak seperti penerbit’ secara harfiah.

SB-Blue-Ocean-Strategy-For-Your-Brand

Strategi Red Bull menempatkan produk mereka secara sekunder untuk kegiatan yang melibatkan target sasaran pelanggan mereka, menunjukkan mereka benar-benar tahu, cinta, hormat dan mendukung kegiatan ekstrim sebanyak pelanggan. Semua ini bersama-sama menciptakan pencitraan merek yang kuat, memberdayakan emosi terfokus pada prestasi pribadi, keberanian, dan mendorong batas-batas yang menghubungkan kuat dengan pelanggan.

SB-Blue-Ocean-Strategy-New-Release

Apel Didirikan: 1976

Apel menikmati kuartal pertama penjualan rekor tahun ini dengan lebih dari 74.800.000 buah iPhone terjual, sehingga menjadi vendor smartphone terlaris di dunia. Selama enam tahun terakhir, Apple telah mengambil 62% dari industri smartphone atau sebanyak $216.000.000.000 laba operasi bersih (Samsung kedua panjang dengan 26%). Tidak peduli patokan atau laporan, Anda akan kesulitan untuk menemukan seseorang yang tidak setuju bahwa Apple adalah salah satu merek terbaik dalam bisnis saat ini, merek tersebut memiliki jumlah loyalitas pelanggan yang sangat besar. Orang-orang ini tidak hanya penggemar Apple, mereka fanatik Apple. Dalam jajak pendapat terbaru dari pengguna smartphone, 89% dari pengguna iPhone mengatakan mereka akan memberitahu teman-teman mereka untuk membeli satu, dan sepertiga dari pengguna Apple mengatakan akan meyakinkan mereka untuk beralih dan mencoba smartphone yang dibuat oleh perusahaan lain.

 

KOMITMEN tanpa henti untuk INOVASI

Unggulan, fungsi superior dan pengalaman pengguna yang menyenangkan adalah hanya beberapa dari unsur-unsur yang memandu penciptaan produk Apple. Tapi mungkin lebih dari apa pun, produk Apple mendefinisikan kembali kategori mereka. Di bawah pimpinan Steve Jobs, Apple diperintah oleh komitmen untuk sepenuhnya dalam kualitas dan keunggulan desain. Jobs tidak akan memperkenalkan produk sampai teknologi telah terjebak untuk sepenuhnya mewujudkan visi Apple untuk pengalaman produk akhir. Apel difokuskan pada proyek-proyek besar, dan dieksekusi dengan sangat baik.

 

MEMBANTU PELANGGAN MERASA BAGIAN DARI PERJALANAN MEREK APPLE

Apple telah selalu diberikan pelanggan pandangan yang sangat transparan visi perusahaan, nilai-nilai inti, dan bagaimana dan mengapa produk itu berkembang. Acara live streaming telah menjadi landasan peluncuran produk baru dan pengumuman khusus Apple.com. Peluang umpan balik pelanggan yang selalu hadir dan dimanfaatkan untuk terus meningkatkan produk dan layanannya.

Lebih dekat daripada sebelumnya untuk pelanggan Anda. Begitu dekat bahwa Anda memberitahu mereka apa yang mereka butuhkan sebelum mereka menyadarinya sendiri. – Steve Jobs, mantan CEO, Apple.

 

LAYANAN PELANGGAN STELLAR

Apple juga menyediakan layanan pelanggan. Pada seleksi Genius bar di toko ritel Apple, Apel benar-benar akan memandu Anda melalui cara- untuk hal perbaikan yang cepat dan mudah untuk masalah yang dihadapi pelanggan. Dan karyawan Apple benar-benar diberdayakan untuk melakukan apa yang terbaik bagi pelanggan. Bahkan jika itu mungkin berarti melanggar aturan tertulis kebijakan tertentu yang mereka buat.

Apa yang akan mendorong mesin loyalitas merek Anda?
Sudah jelas bahwa Uber, Red Bull dan Apple masing-masing memiliki kekuatan pasar yang berbeda dan unggul di daerah yang berbeda. Tapi satu hal yang mereka semua lakukannya yaitu adalah menentukan apa yang diinginkan atau butuhkan dari pengguna merek mereka. Berusaha untuk melayani, dan menentukan cara terbaik untuk tetap terhubung pada konsumennya.

 

Dalam kasus Uber, untuk benar-benar menyelesaikan semua rasa kecewa yang melekat dalam menggunakan layanan taksi secara tradisinonal, mereka harus mendefinisikan kembali kategori layanan dan membangun sistem baru dari bawah ke atas.

Untuk Red Bull, terhubung secara mendalam dalam gaya hidup pelanggan, pendirinya mengakui ia harus melakukan sesuatu yang sangat tidak lazim. Produk itu sendiri harus mengambil kursi belakang, dan berinvestasi dalam mensponsori atlet olahraga kategori ekstrim. Bahkan meluncurkan sebuah rumah media sebagai entitas yang terpisah – dalam mendorong peningkatan merek.

Dan untuk kasus Apple, dalah visi “berpikir berbeda” dari segala sesuatu yang telah ada sebelumnya. Berusaha untuk menjadi inovator teknologi yang menciptakan pengalaman menjadi indah, sederhana, dan benar-benar menyenangkan di semua produknya. Pada saat yang sama, perusahaan menempatkan pelanggan di urutan pertama, mengundang mereka dalam dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari Apple.

Dengan mencari untuk melayani dan terhubung ke sesuatu yang inginkan / kebutuhan akan merek sangat terasa dalam cara yang paling ampuh yang mereka bisa. Merek ini telah sangat sukses di menginspirasi jenis merek cinta yang kekuatan pertumbuhan luar biasa – peluru perak – jenis loyalitas pelanggan yang dapat ‘t dibeli, tetapi ketika hati-hati dibudidayakan, membayar dividen yang besar.

Karena pencitraan merek Anda adalah bagian penting dari bisnis Anda. Pasti Anda ingin bekerja atau menyewa tim untuk mengkaji merek anda secara profesional yang memiliki pengalaman branding. Sebelum Anda melibatkan desainer atau konsultan, pikirlah tentang perusahaan Anda dan jenis pelanggan Anda. Pertimbangkan atribut atau kepribadian perusahaan Anda. Apakah Anda ingin dilihat sebagai perusahaan yang inovatif, dapat dipercaya, ramah, atau pintar, atau kombinasi dari semua ini? Lakukan penelitian ke perusahaan lain yang sejenis dalam industri Anda dan lihat jenis merek apa yang Anda suka pada umumnya. Atau Hubungi kami bila anda membutuhkan bantuan.

 

Diterjemakan dan disunting kembali oleh Editorial Benang Merah Komunikasi Indonesia sesuai tata bahasa Indonesia untuk di pahami dan di telaah oleh pengguna di Indonesia dari situs Medium mengenai Your Brand’s Silver Bullet oleh Colleen Lowe seorang “Strategist with a focus on insights and trends” di Sincerely Truman in Portland, OR.

Editorial Benang Merah Komunikasi

Author Editorial Benang Merah Komunikasi

“Benang Merah Komunikasi Indonesia seeks to become a global leader in digital media solutions and digital marketing in the era of AEC ( ASEAN Economic Community ) in 2017 and it has been started since early 2015, especially in Indonesia. We hope that we can give our customers something to create breakthrough digital content, spread in the media and services, measure and optimize from time to time, and achieve greater business success. We help our customers create, manage, promote and monetize their content in each channel and display. We are passionate creative entrepreneurs and strategists working with forward-thinking brands, institutions, and agencies.”

More posts by Editorial Benang Merah Komunikasi

© 2004-2017 Copyright Benang Merah Komunikasi Indonesia. Registered Trademarks.

Made with in Indonesia