was successfully added to your cart.

Panduan Kerja; Menggunakan Hak Karya Fotografi

Anda mungkin mengetahui Anda tidak bisa hanya men-download (atau mengambil screenshoot layar) gambar Anda temukan secara online kemudian menggunakannya di dalam situs Web atau di setiap desain yang Anda kerjakan. Tapi apakah Anda tahu ada berbagai jenis lisensi dan perjanjian yang dapat menentukan bagaimana Anda dapat menggunakan gambar tersebut?

Jangan hanya karena Anda sudah membeli lisensi gambar dari pemasok yang kredibel tidak selalu berarti Anda satu-satunya yang dapat menggunakan gambar itu, atau bahwa Anda dapat menggunakan gambar manapun yang Anda suka.

Sebuah karya fotografi yang memiliki lisensi perjanjian atau kontrak antara fotografer dan perwakilan mereka – mempunyai rincian seperti pengunaan gambar, tujuan, hingga syarat dan ketentuan yang berlaku dalam proses penampilan sebuah gambar. Istilah-istilah tersebut bisa jadi sangat membingungkan untuk pengguna awam atau seorang enterpreneur dalam mengawali mempromosikan bisnisnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda membeli tentang gambar ber-lisensi.

 

Jenis Lisensi

Bebas royalti: Periksa apakah Anda harus membayar biaya tambahan untuk menggunakan sebuah karya seni tersebut. Periksa juga apakah lisensi itu memungkinkan Anda untuk menggunakan gambar secara terus menerus, pada media apapun (cetak, online, hingga kemasan). Dengan lisensi bebas royalti, Anda tidak perlu membayar royalti tambahan setiap kali Anda menggunakan gambar.

Lisensi dapat membatasi persis kapan, di mana, dan bagaimana Anda menggunakan gambar

Kontrak jenis bebas royalti ini umumnya mencakup beberapa pembatasan. Beberapa lisensi membatasi seberapa sering gambar dapat direproduksi, negara-negara di mana dapat digunakan, berapa banyak individu dalam perusahaan pemegang lisensi dapat men-download dan menggunakan gambar tersebut, ukuran mana saja dapat ia pergunakan, dan dengan cara apa gambar bisa dikoreksi atau dimanipulasi. Jika Anda telah menggunakan foto bebas royalti beberapa tahun lalu, jangan menganggap bahwa lisensi bebas royalti lain saat ini memiliki persyaratan yang sama.

Pertimbangkan juga apakah gambar tersebut termasuk dalam jenis “bebas royalti yang eksklusif” (yaitu, mereka mendapatkan lisensi untuk beberapa pengguna secara bersamaan). Itu berarti pada saat yang sama Anda menggunakan gambar tertentu untuk website atau iklan, pesaing Anda boleh menggunakannya juga.

 





Hak dikelola: Berapa lama gambar berlisensi dapat ditayangkan? Getty Images mengatakan di situsnya, ketika Anda membeli lisensi sebuah gambar Anda dapat mengontrol siapa lagi yang bisa menggunakannya. “Lisensi dapat membatasi persis kapan, di mana, dan bagaimana Anda menggunakan gambar.

 

Jenis Karya Fotografi

Ada tiga jenis penggunaan karya fotografi pada umumnya:

Komersial: digunakan untuk mempromosikan atau menjual produk atau layanan. Mencakup segala sesuatu dari kemasan produk dan semua perangkat yang terkait dalam produk atau layanan tersebut.

 

Editorial: digunakan untuk tujuan pendidikan atau jurnalistik.

 

Retail: ditugaskan untuk penggunaan pribadi.
Persyaratan lisensi dapat bervariasi tergantung pada bagaimana gambar yang digunakan.

 

Batasan Karya Fotografi

Gambar yang digunakan secara eksklusif untuk penggunaan komersial atau editorial adalah salah satu jenis pembatasan. Jenis lain dari pembatasan yang perlu dipertimbangkan adalah:

Domain: penggunaan Single-domain berarti gambar biasanya harus digunakan hanya dalam satu media saja. Misalnya, Anda dapat menggunakan foto di website Anda, tetapi tidak dalam iklan cetaknya. Multidomain biasanya memperbolehkan Anda untuk menggunakan gambar pada beberapa saluran dan media -meskipun lisensi tertentu mungkin masih menyatakan domain tertentu terlarang untuk dipublikasikan.

 

Seat: Dengan lisensi tunggal, biasanya hanya satu pengguna pada yang dapat men-download gambar. Jika Anda ingin beberapa desainer untuk bekerja dengan foto tersebut, Anda mungkin harus menggunakan lisensi multiseat.

 

Resale: Apakah Anda berencana untuk menjual produk yang dihiasi dengan karya seni berlisensi, seperti T-shirt atau kartu ucapan? Jika demikian, pastikan bahwa lisensi Anda memungkinkan untuk dijual kembali.

PHOTO-LICENSING-Free-ShutterStock-Photos

Ingat

Jika Anda menyewa seorang freelancer untuk bekerja pada industri kreatif Anda, Anda tidak harus mengasumsikan bahwa perancang telah memperoleh semua hak yang diperlukan.

Kami Benang Merah Komunikasi melayani dalam mencarian stock image yang berlisensi, atau anda dapat menyewa kami dalam mempromosikan produk dan layanan anda dengan sebuah karya fotografi.

Diterjemakan dan disunting kembali oleh Editorial Benang Merah Komunikasi Indonesia sesuai tata bahasa Indonesia dari situs resminya Upwork mengenai Your Guide to Photography Rights & Licenses by Sherry Chiger.

Editorial Benang Merah Komunikasi

Author Editorial Benang Merah Komunikasi

“Benang Merah Komunikasi Indonesia seeks to become a global leader in digital media solutions and digital marketing in the era of AEC ( ASEAN Economic Community ) in 2017 and it has been started since early 2015, especially in Indonesia. We hope that we can give our customers something to create breakthrough digital content, spread in the media and services, measure and optimize from time to time, and achieve greater business success. We help our customers create, manage, promote and monetize their content in each channel and display. We are passionate creative entrepreneurs and strategists working with forward-thinking brands, institutions, and agencies.”

More posts by Editorial Benang Merah Komunikasi

© 2004-2017 Copyright Benang Merah Komunikasi Indonesia. Registered Trademarks.

Made with in Indonesia