KEBIJAKAN KOMUNITAS

Benang Merah Komunikasi dan anak perusahaan secara langsung maupun tak langsungnya memimpin tim yang menciptakan Kebijakan Komunitas atas konten situs Dunia Benang Merah dan memberikan dukungan terhadap komunitasnya. Tim kami berupaya menciptakan situs Dunia Benang Merah sebagai media dengan lingkungan yang terbuka dan aman bagi setiap orang di seluruh dunia. Kami ingin berbagi beberapa wawasan tentang bagaimana melayani komunitas yang terdiri atas lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

Ketika kita membagikan informasi dan pendapat dengan teman, keluarga, komunitas, dan dunia di sekitar kita, itulah saat ketika kita menerima hal yang luar biasa – ide baru, kesempatan, pertemanan, dan kolaborasi. Setiap hari, orang di seluruh dunia berbagi miliaran kiriman di dunia maya yang menambahkan nilai bagi kehidupan kita. Tapi terkadang orang membagikan konten yang dapat mengganggu atau menyakiti anggota komunitas lainnya.

Itulah mengapa kami membuat Standar Komunitas – untuk menjelaskan jenis kiriman yang tidak pantas untuk dibagikan disitus Dunia Benang Merah. Standar Komunitas kami bertujuan untuk menemukan keseimbangan antara memberikan orang-orang tempat mengekspresikan diri mereka dan mendukung sebuah lingkungan yang nyaman dan aman untuk setiap orang.

Sebagaimana yang Anda bayangkan, menjaga keseimbangan adalah pekerjaan berat yang kami lakukan dengan berfokus pada beberapa prinsip utama:

  • Menjaga Anda tetap aman. Kami tidak memberi toleransi perilaku yang membahayakan orang lain, meskipun orang tersebut mengorganisir atau mendukung kekerasan di dunia nyata atau mengganggu orang lain. Mengharuskan orang untuk menggunakan identitas asli mereka di semua seleksi situs Dunia Benang Merah yang akan membantu memotivasi kita semua untuk bertindak secara bertanggung jawab, karena nama dan reputasi kita secara nyata terhubung dengan kata-kata dan tindakan kita.

  • Mendorong perilaku saling menghormati. Kami meminta semua orang untuk mempertimbangkan pemirsa mereka ketika berbagi sesuatu yang mungkin menyinggung orang lain. Kami memudahkan setiap orang untuk memutuskan siapa yang dapat melihat konten yang mereka bagikan dan kami memiliki kebijakan yang melarang konten eksplisit secara seksual, mengandung kebencian, dan kekerasan.

  • Mengakui keragaman budaya. Untuk memastikan bahwa kebijakan kami mencerminkan keragaman komunitas, kami secara terus menerus mencari dan meninjau masukan dari para pakar dari seluruh dunia, serta dari komunitas kami. Wawasan tersebut membantu kami memahami konteks saat orang berbagi dan melihat konten didalam situs Dunia Benang Merah.

  • Memberi Anda dengan alat-alat untuk mengendalikan apa yang Anda lihat didalam situs Dunia Benang Merah. Dunia Benang Merah adalah tempat untuk terhubung dengan orang dan berbagai hal yang penting lewat diskusi komentar bagi Anda, sehingga kami memberikan Anda alat untuk mengendalikan apa yang Anda lihat, melaporkan berbagai hal kepada kami, dan menghubungi orang yang mengirim hal yang tidak Anda sukai atau tidak Anda setujui.

Tujuan kami adalah menciptakan lingkungan di mana kami tidak memerlukan banyak aturan, dan orang di dalam situs Dunia Benang Merah merasa termotivasi dan diberdayakan untuk memperlakukan satu sama lain dengan penuh empati dan rasa hormat.

 

 

Kebijakan Komunitas untuk Membantu Menjaga Anda Tetap Aman

Ikhtisar: Kami menghapus konten, menonaktifkan akun yang terhubung, dan mungkin melaporkannya ke pihak penegak hukum apabila kami melihat risiko bahaya fisik, atau ancaman langsung terhadap keselamatan publik. Pelajari selengkapnya tentang bagaimana situs Dunia Benang Merah menangani konten yang mengganggu.

 

Ancaman Langsung: Bagaimana kami membantu orang yang merasa terancam oleh orang lain lewat situs Dunia Benang Merah.

Kami meninjau laporan bahasa yang mengancam dengan sangat hati-hati untuk mengidentifikasi ancaman serius yang dapat mengganggu keamanan publik dan pribadi. Kami menghapus ancaman serius terkait upaya melukai seseorang. Kami juga menghapus ancaman spesifik terkait pencurian, vandalisme, atau merugikan secara finansial.
Kami mungkin mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi fisik atau visibilitas publik seseorang dalam menilai apakah ancaman tersebut serius atau tidak. Kami sangat memperhatikan kredibilitas ancaman terhadap orang yang tinggal di wilayah yang kerap terjadi kekerasan dan tidak stabil.

 

Melukai Diri: Bagaimana kami berupaya membantu mencegah aktivitas melukai diri dan bunuh diri.

Kami tidak mengizinkan dukungan terhadap upaya melukai diri atau bunuh diri. Kami bekerja sama dengan organisasi di seluruh dunia untuk memberi pertolongan kepada orang yang berada dalam tekanan. Kami melarang konten yang mendukung atau mendorong bunuh diri atau jenis tindakan melukai diri lainnya, termasuk mutilasi diri, dan gangguan makan. Kami tidak menganggap perubahan tubuh sebagai melukai diri. Kami juga menghapus konten yang mengidentifikasi korban atau orang yang selamat dari tindakan melukai diri atau bunuh diri dan upaya yang menargetkan mereka untuk penyerangan, baik serius maupun secara humor. Namun demikian, semua orang dapat berbagi informasi tentang melukai diri dan bunuh diri yang tidak mendorong melakukan tindakan ini.

 

Organisasi Berbahaya: Jenis organisasi apa yang kami larang di situs Dunia Benang Merah.

Kami tidak mengizinkan organisasi yang terlibat dalam kegiatan berikut hadir di situs Dunia Benang Merah:

  • Aktivitas teroris, atau

  • Aktivitas kriminal terorganisir.

Kami juga menghapus konten yang mengungkapkan dukungan untuk kelompok yang terlibat dalam perilaku kekerasan atau kriminal yang disebutkan di atas. Kami tidak mengizinkan dukungan atau pujian terhadap pimpinan dari organisasi semacam itu, atau membenarkan aktivitas kekerasannya.Kami menyambut diskusi luas dan komentar sosial mengenai subjek umum ini, tetapi berharap setiap orang menunjukkan sensitivitas terhadap korban kekerasan dan diskriminasi.

 

Gangguan dan Pelecehan: Bagaimana kami menanggapi gangguan dan pelecehan.

Kami tidak menoleransi gangguan atau pelecehan. Kami mengizinkan Anda berbicara bebas terkait permasalahan dan orang yang menarik minat publik, namun kami akan menghapus konten yang secara sengaja menarget individu pribadi dengan maksud merendahkan atau mempermalukannya. Konten ini mencakup, tetapi tidak terbatas pada:

  1. Halaman yang mengidentifikasi dan mempermalukan individu secara pribadi,
  2. Gambar yang diubah untuk merendahkan individu pribadi,
  3. Foto atau video gangguan fisik yang dikirim untuk mempermalukan korban,
  4. Berbagi informasi pribadi untuk memeras atau melecehkan orang, dan
  5. Secara berulang menargetkan orang lain dengan permintaan pertemanan atau pesan yang tidak diinginkan.

Kami mendefinisikan individu pribadi sebagai orang yang tidak pernah mendapatkan liputan berita, juga tidak mendapatkan perhatian publik karena tindakan atau profesi publiknya.

 

Serangan terhadap Tokoh Masyarakat: Perlindungan apa yang diterima oleh tokoh masyarakat di situs Dunia Benang Merah.

Kami mengizinkan diskusi terbuka dan kritis mengenai orang-orang yang muncul di berita atau memiliki pemirsa publik yang besar berdasarkan profesi atau aktivitas tertentu terkait dengan material artikel yang kami tayangkan. Kami menghapus ancaman serius terhadap tokoh masyarakat, juga ungkapan kebencian yang ditujukan kepada mereka – sebagaimana halnya yang kami lakukan terhadap individu secara pribadi.

 

Aktivitas Kriminal: Bagaimana kami menangani laporan aktivitas kriminal di situs Dunia Benang Merah.

Kami melarang penggunaan situs Dunia Benang Merah Komunikasi untuk memfasilitasi atau mengorganisir aktivitas kriminal yang menyebabkan bahaya fisik terhadap seseorang, bisnis, atau binatang, maupun kerugian finansial terhadap seseorang atau bisnis. Kami bekerja sama dengan aparat penegak hukum apabila kami mempercayai adanya risiko bahaya fisik, atau ancaman langsung terhadap keselamatan publik.

Kami juga melarang Anda merayakan tindak kriminal yang telah Anda lakukan. Namun demikian, kami mengizinkan setiap orang untuk mendebat atau membela legalitas aktivitas kriminal, serta menyampaikannya secara humor atau satir.

 

Kekerasan dan Eksploitasi Seksual: Bagaimana kami melawan kekerasan dan eksploitasi seksual di dalam situs Dunia Benang Merah.

Kami menghapus konten yang mengancam atau mempromosikan kekerasan atau eksploitasi seksual. Ini mencakup eksploitasi seksual anak di bawah umur, dan penyerangan seksual. Untuk melindungi korban dan mereka yang selamat, kami juga menghapus foto atau video yang menggambarkan insiden kekerasan seksual dan gambar yang dibagikan sebagai upaya balas dendam atau tanpa izin dari orang yang berada di gambar tersebut.

Definisi kami untuk eksploitasi seksual mencakup materi ajakan seksual, konten seksual yang melibatkan anak di bawah umur, ancaman untuk berbagi gambar intim, dan menawarkan layanan seksual. Bila diperlukan, kami akan melaporkan konten ini kepada pihak berwajib. Menawarkan layanan seksual mencakup prostitusi, layanan menemani, pijat seksual, dan aktivitas seksual yang difilmkan.

 

Barang dengan Peraturan Khusus

Kami melarang keras upaya oleh individu pribadi untuk membeli, menjual, atau memperdagangkan obat beresep dokter, mariyuana, senjata api, atau amunisi. Jika Anda mengirimkan penawaran untuk menjual atau membeli alkohol, rokok, atau produk untuk orang dewasa, kami mengharuskan Anda mengikuti semua hukum yang berlaku dan mempertimbangkan pemirsa untuk konten tersebut dengan sangat hati-hati. Kami tidak mengizinkan Anda menggunakan alat pembayaran dalam situs Dunia Benang Merah lewat kemitraannya untuk menjual atau membeli barang dengan peraturan khusus di platform kami.

 

 

Kebijakan Komunitas untuk Mendorong perilaku terhormat

Ikhtisar: Orang menggunakan situs Dunia Benang Merah untuk berbagi pengalaman dan mengangkat permasalahan yang penting bagi mereka. Ini berarti Anda mungkin akan menemukan pendapat yang berbeda dengan pendapat Anda, yang kami yakini dapat membawa ke percakapan penting tentang topik yang tidak mudah. Untuk membantu menyeimbangkan kebutuhan, keamanan, dan kepentingan komunitas yang beragam tersebut, kami mungkin menghapus konten tertentu yang bersifat sensitif atau membatasi pemirsa yang melihatnya. Pelajari selengkapnya cara kami melakukan hal tersebut di sini.

 

Ketelanjangan / Pornografi

Orang terkadang berbagi konten berisi ketelanjangan dengan alasan seperti kampanye kesadaran atau proyek artistik. Kami membatasi tampilan ketelanjangan karena beberapa pemirsa dalam komunitas global kami mungkin sensitif terhadap jenis konten ini – khususnya karena latar belakang budaya atau usia. Untuk memperlakukan secara adil dan menanggapi laporan dengan cepat, penting bagi kami untuk memiliki kebijakan yang dapat diterapkan tim global kami secara seragam dan mudah ketika meninjau konten. Oleh karena itu, kebijakan kami terkadang lebih terus terang dibanding yang kami inginkan dan membatasi konten yang dibagikan untuk tujuan sah. Kami selalu berupaya untuk lebih baik dalam mengevaluasi konten ini dan menerapkan standar kami.

Kami menghapus foto orang yang menampilkan alat kelamin atau berfokus pada bagian bokong yang diekspos secara penuh. Kami juga membatasi beberapa gambar wanita menyusui jika menyertakan puting, tapi kami memperbolehkan foto wanita yang secara aktif berinteraksi dalam aktivitas menyusui atau menunjukkan payudara dengan bekas luka pasca-masektomi. Kami juga memperbolehkan foto gambar, patung, dan seni lain yang menampilkan figur telanjang. Pembatasan dalam penampilan ketelanjangan dan aktivitas seksual juga diterapkan terhadap konten yang dibuat secara digital kecuali konten tersebut dikirim untuk tujuan pendidikan, humor, atau satir. Gambar eksplisit dari hubungan seksual dilarang. Deskripsi tindakan seksual yang menampilkan detail jelas juga dapat dihapus.

 

Ungkapan Kebencian

Tim Editorial Benang Merah Komunikasi akan menghapus ungkapan kebencian, yang mencakup konten yang secara langsung menyerang seseorang berdasarkan:

  • Ras,

  • Suku,

  • Asal-usul kebangsaan,

  • Keyakinan beragama,

  • Orientasi seksual,

  • Jenis kelamin, gender, atau identitas gender, atau

  • Cacat atau penyakit serius.

Organisasi dan orang yang khusus mempromosikan kebencian terhadap grup yang dilindungi ini tidak diperbolehkan berada di dalam situs Dunia Benang Merah. Seperti semua standar kami, kami bergantung pada komunitas kami untuk melaporkan konten ini kepada kami.

Orang dapat menggunakan situs Dunia Benang Merah untuk menentang gagasan, institusi, dan praktik. Diskusi tersebut dapat mendorong perdebatan dan pemahaman yang lebih besar. Terkadang orang berbagi konten yang berisi ungkapan kebencian orang lain untuk tujuan meningkatkan kesadaran atau mendidik orang lain tentang ungkapan kebencian tersebut. Bila ini masalahnya, kami berharap orang-orang secara jelas menyampaikan tujuannya, yang akan membantu kami memahami secara lebih baik mengapa mereka membagikan konten tersebut.

Kami mengizinkan humor, satir, atau komentar sosial yang berkaitan dengan topik-topik ini, dan kami percaya bahwa ketika orang menggunakan identitas asli, mereka akan lebih bertanggung jawab saat mereka berbagi jenis komentar ini. Argumentasi dalam bentuk informasi yang akurat dan sudut pandang alternatif dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan saling menghormati.

 

Konten Kekerasan dan Konten Berlebihan

Dunia maya telah menjadi tempat untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan kesadaran tentang masalah-masalah penting. Terkadang, pengalaman dan masalah tersebut melibatkan konten berlebihan yang menjadi kepentingan atau kekhawatiran publik, seperti pelanggaran HAM atau tindakan terorisme. Biasanya, orang berbagi konten semacam ini untuk menghujatnya atau meningkatkan kesadaran tentang masalah tersebut. Kami menghapus gambar berlebihan ketika mereka membagikannya untuk kepuasan sadistik atau untuk merayakan atau mengagungkan kekerasan.

Ketika seseorang berbagi sesuatu di dalam situs Dunia Benang Merah, kami berharap mereka akan membagikannya dengan rasa tanggung jawab, termasuk dengan cermat memilih siapa yang akan melihat konten tersebut. Kami juga meminta orang memperingatkan pemirsa mereka tentang apa yang akan mereka lihat jika ini mencakup konten yang berlebihan.

 

Melaporkan Pelanggaran

Kami berusaha menyambut setiap orang ke sebuah lingkungan yang bebas dari konten yang mengganggu. Untuk melakukan hal ini, kami bergantung kepada orang-orang seperti Anda. Jika Anda melihat sesuatu di dalam situs Dunia Benang Merah yang Anda yakini melanggar ketentuan kami, harap melaporkannya kepada kami. Kami memiliki tim berdedikasi yang bekerja di seluruh dunia untuk meninjau hal-hal yang Anda laporkan untuk membantu memastikan situs Dunia Benang Merah Komunikasi tetap menjadi media yang aman dan nyaman.

Pemerintah kadang meminta kami menghapus konten yang melanggar undang-undang setempat, tetapi tidak melanggar Standar Komunitas dan Kebijakan Komunitas kami. Jika setelah melakukan tinjauan hukum secara hati-hati kami menemukan bahwa konten tersebut melanggar hukum berdasarkan undang-undang setempat, maka kami akan menghapusnya hanya di negara atau wilayah yang relevan. Pastikan anda telah mentaati Ketentuan Penggunaan situs Dunia Benang Merah ini dan mengetahui peraturan yang telah di terapkan oleh pemerintah Republik Indonesia lewat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang telah di publikasi dan peraturan yang telah di terapkan oleh pemerintah setempat dimana Benang Merah Komunikasi dan anak perusahaannya berlokasi.

Harap diperhatikan prinsip-prinsip berikut:

  1. Kami mungkin mengambil berbagai tindakan bila ada sesuatu yang melanggar Standar Komunitas sebagaimana dijabarkan di sini.

  2. Kami mungkin meminta kontributor kami untuk mengaitkan nama dan profil mereka dengan Halaman yang berisi konten kejam dan tidak sensitif, meskipun konten tersebut tidak melanggar kebijakan kami.

  3. Melaporkan sesuatu tidak menjamin bahwa kiriman tersebut akan dihapus karena konten tersebut mungkin tidak melanggar kebijakan kami.

  4. Peninjau konten kami akan memberi Anda informasi tentang mengapa sebuah kiriman dianggap melanggar kebijakan kami. Jika Anda melaporkan konten, harap jelaskan kepada kami mengapa konten tersebut harus dihapus (mis., apakah karena ketelanjangan / pornografi dan ungkapan kebencian?) sehingga kami dapat mengirimkannya kepada orang yang tepat untuk ditinjau.

  5. Keputusan tinjauan kami kadang-kadang berubah setelah menerima konteks tambahan tentang kiriman spesifik atau setelah melihat konten baru yang terlihat di dalam situs Dunia Benang Merah.

  6. Jumlah laporan tidak berpengaruh terhadap keputusan menghapus konten. Kami tidak pernah menghapus konten begitu saja hanya karena dilaporkan beberapa kali.

  7. Konsekuensi pelanggaran Standar Komunitas kami beragam, bergantung pada tingkat keparahan pelanggaran dan riwayat orang tersebut di situs Dunia Benang Merah. Misalnya, kami mungkin memperingatkan seseorang untuk pelanggaran pertama, tapi jika kami terus melihat pelanggaran lebih lanjut, kami mungkin akan membatasi kemampuan orang tersebut untuk mengirimkan sesuatu di situs Dunia Benang Merah atau melarang orang tersebut untuk akses ke situs Dunia Benang Merah.

Tidak semua konten yang tidak disetujui atau mengganggu dianggap melanggar Standar Komunitas dan Kebijakan Komunitas kami. Karena alasan ini, kami menawarkan kepada Anda dengan kemampuan untuk menyesuaikan dan mengendalikan apa yang Anda lihat dengan berhenti mengikuti, memblokir, dan menyembunyikan kiriman, orang, Halaman dan aplikasi yang tidak ingin Anda lihat – dan kami mendorong Anda untuk menggunakan kontrol ini demi menyesuaikan kenyamanan Anda. Orang juga sering memecahkan masalah yang dimilikinya tentang konten tertentu dengan cara menghubungi orang yang mengirimkannya. Kami membuat alat untuk Anda berkomunikasi secara langsung dengan orang lain bila Anda tidak senang atas kiriman, foto, atau konten lain yang Anda lihat di situs Dunia Benang Merah.

 

 

Terakhir Diperbarui: 25 September 2016