Peraturan Bayar di tempat / CASH ON DELIVERY

CASH ON DELIVERY POLICY

HALAMAN CASH ON DELIVERY POLICY, KEGUNAANNYA ADALAH UNTUK MENJELASKAN KETENTUAN ATAU PERATURAN DARI TRANSAKSI PRODUK YANG DILAKUKAN DI SITUS DUNIA BENANG MERAH INI SECARA LANGSUNG DI TEMPAT ANDA (SAAT INI HANYA BERLAKU UNTUK NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA).

 

Peraturan Bayar di tempat

Apa itu COD?

COD (cash-on-delivery ; is the system of paying for goods when they are delivered.) adalah jenis transaksi dimana pelanggan melakukan pembayaran langsung saat produk sudah diterima. Syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Pembayaran menggunakan uang tunai atau menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) Merchant Bank yang ditunjuk atau yang telah bekerjasama dengan Benang Merah Komunikasi sebagai media transaksi perbankan,

  2. Pelanggan dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan alamat yang dituju,

  3. Maksimal pembelian Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah),

  4. Apabila ingin melakukan pengembalian barang, mohon melihat syarat dan ketentuan (cek Ketentuan Pengembalian Produk) dan pelanggan dipastikan telah melakukan pembayaran terlebih dahulu ditempat,

  5. Saat ini layanan COD / Cash On Delivery hanya berlaku untuk wilayah Kotamadya Bandung.

 

Alasan

Saat berbelanja online, salah satu cara pembayaran yang sering diminta oleh pembeli dalam rangka mengurangi resiko penipuan adalah Cash on Delivery (COD). Singkatnya, COD adalah cara pembayaran dimana pembeli melakukan pembayaran saat barang berpindah-tangan dari penjual ke pembeli. Pembayaran biasanya dilakukan secara tunai, tapi terkadang bisa juga menggunakan kartu kredit maupun debit dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) Merchant Bank. Pemindahan-tangan bisa dilakukan oleh penjual sendiri, dimana penjual berjanjian untuk bertemu muka dengan pembeli. Alternatifnya adalah dengan menggunakan jasa pengiriman yang menyediakan COD. Keuntungan metode pembayaran ini bagi konsumen :

  • Aman – Konsumen tidak perlu membayar sebelum barang diterima

  • Mudah – Membayar tunai atau menggunakan kartu kredit / kartu debit menggunakan mesin EDC yang disediakan pihak bank sebagai otoritas merchant ketika kurir tiba.

 

 

Terakhir Diperbarui: 25 September 2016