Sertifikat SSL

Sertifikat SSL adalah file data kecil yang digital mengikat kunci kriptografi untuk rincian organisasi. Ketika diinstal pada server web, akan mengaktifkan gembok dan protokol https (port 443 lebih) dan memungkinkan koneksi yang aman dari web server ke browser. Biasanya, SSL digunakan untuk mengamankan transaksi kartu kredit, transfer data dan login, dan baru-baru ini menjadi norma saat mengamankan browsing situs media sosial. Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website Anda. Mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, online shopping, email, hingga transaksi kartu kredit. Sertifikat SSL mengikat bersama-sama:

  1. Sebuah nama domain, nama server atau host.

  2. Sebuah identitas organisasi (misalnya nama perusahaan) dan lokasi.

Sebuah organisasi perlu menginstal sertifikat SSL ke server web untuk memulai sesi aman dengan browser. Tergantung pada jenis sertifikat SSL diterapkan untuk, organisasi akan perlu melalui tingkat yang berbeda dari pemeriksaan. Memberitahu pengunjung website adalah SSL aman melalui beberapa indikator kepercayaan terlihat.

Hal mengenai keamanan sekuritas tersebut adalah upaya Benang Merah Komunikasi dan anak perusahaannya tunduk dan patuh atas peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat dimana Benang Merah Komunikasi dan anak perusahaannya berlokasi, khususnya Negara Kesatuan Republik Indonesia akan Keputusan Undang-Undang Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyangkut Keamanan Transaksi Elektronik dan Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

FULL-STRICT-SSL-LAYER-FOR-SECURE-WEBSITE-FROM-CLOUDFLARE

Illustrasi mengenai pengamanan sertifikasi keamanan digital

 

Mengapa Sertifikat Akar / SSL merupakan hal yang penting?

Sertifikat SSL harus dikeluarkan dari akar sertifikat Sertifikat Otoritas dipercaya, dan sebaiknya didistribusikan secara luas. The Root Certificate harus hadir pada mesin pengguna akhir dalam rangka untuk Sertifikat bisa dipercaya. Jika tidak dipercaya browser akan menampilkan pesan error dipercaya kepada pengguna akhir. Dalam kasus e-commerce, pesan kesalahan tersebut mengakibatkan kurangnya segera kepercayaan dalam website dan organisasi berisiko kehilangan kepercayaan dan bisnis dari sebagian besar konsumen.

Akar Sertifikat ini ditandai untuk beberapa tujuan yang dimaksudkan. Hal ini membuat sertifikat akar yang sangat kuat dan fleksibel mampu melakukan semua Public Key Infrastructure kegiatan yang berkaitan:

  1. Memastikan identitas komputer remote;

  2. Membuktikan identitas Anda ke komputer remote;

  3. Memastikan software berasal dari penerbit perangkat lunak;

  4. Melindungi perangkat lunak dari perubahan setelah publikasi;

  5. Melindungi pesan e-mail;

  6. Memungkinkan data yang akan ditandatangani dengan waktu saat ini;

  7. Memungkinkan data pada disk yang akan dienkripsi;

  8. Memungkinkan komunikasi yang aman di Internet;

  9. Izin semua kebijakan penggunaan kunci;

  10. OCSP Penandatanganan.

 

Penting: Validasi SSL situs Dunia Benang Merah dapat di validasi melalui otoritas jasa manapun yang anda percayai. Pada bagian kaki situs Dunia Benang Merah terdapat validasi pengecekan SSL (keamanaan data) tiap halamannya. Atau seperti Segel Kunci Berwarna Hijau di atas yang menandakan Jaminan Keamanan Koneksi sebesar 100% untuk Situs Benang Merah Komunikasi ini.

 

 

Terakhir Diperbarui: 25 September 2016